Test Footer 1

Belajar Ngaji Yuk...! seri 2


Feature

Dua pilihan karakter yang bisa dimainkan
Untuk anak umur 7 thn keatas
Tiga tingkatan pembelajaran
Animasi dan Design Grafis yang sangat menarik bagi anak-anak.

Synopsis


Pagi yang cerah, matahari bersinar dengan teriknya. Syawal dan Fitri sedang berpamitan dengan ibunda mereka. Sambil mengelus kepala kedua anaknya, Bunda pun memberikan izin kepada Syawal dan Fitri, sesaat setelah itu, Fitri dan Syawal pun bergegas menuju bus yang telah menunggu mereka.

Ayo kita belajar mengaji seri lanjutan bersama Syawal, Fitri dan Pak Ustadz... Kali ini kita akan belajar di alam terbuka, waaaaah pasti sangat menyenangkan. Di sini, kamu dapat belajar mengenai hukum tajwid atau peraturan dalam membaca Al- Qur’an. Kamu juga dapat belajar menghafalkan surat-surat pendek pilihan dan bisa mendengarkan lagu-lagu Islami serta kisah-kisah Nabi.

Pasti asyikk... Jangan lupa, kumpulin ketupat sebanyak mungkin agar kamu bisa main di game bonus yang tentu saja lebih asyik dan menyenangkan... Ayoo... Tunggu apalagi? Belajar ngaji bersama Syawal dan Fitri jadi lebih menyenangkan...


Permainan dan Materi Pendidikan


Tingkat 4

Ikhfa
Apakah adik-adik tahu apa itu Ikhfa? Ikhfa berarti menyembunyikan atau samar. Apabila Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf Ikhfa, maka Nun Sukun atau Tanwin tersebut dibaca ‘NG’ atau berdengung dan ditahan selama 2 harokat atau ketukan. Nah, ada berapa dan huruf-huruf apa saja yang termasuk ke dalam huruf Ikhfa?
Adik-adik dapat mengetahuinya pada bagian ini. Adik-adik juga akan diberikan penjelasan tambahan seputar cara membaca dengan benar jika mengklik pada icon tanda tanya. Selain itu, adik-adik juga dapat menguji pemahamannya mengenai Ikhfa dengan mengklik pada icon Pak Ustadz yang ada di sudut layar.

Idghom
Idghom berarti memasukkan huruf yang sukun ke dalam huruf berikutnya. Di sini, adik-adik akan diajarkan mengenai dua jenis Idghom, yaitu Idghom Bigunnah atau Idghom berdengung dan Idghom Bilagunnah atau Idghom tidak berdengung. Nah, ingin tahu lebih jauh? Ayo kita sama-sama belajar mengenai Idghom.

Idzhar
Jika Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu dari keenam huruf Idzhar maka Nun Sukun atau Tanwin tersebut tetap dibaca ‘N’ dengan tegas, jelas, pendek tanpa berdengung. Adik-adik pasti penasaran kan, huruf-huruf apa saja kah itu yang temasuk ke dalam huruf Idzhar? Yuk kita cari tahu pada bagian belajar Idzhar. Setelah itu adik-adik juga dapat menguji pemahamannya mengenai Idzhar dengan mengklik pada icon Pak Ustadz yang ada di sudut layar. Nah…Tunggu apalagi?

Iqlab
Iqlab hanya memiliki satu huruf saja, yaitu (ba). Adik-adik pasti mudah untuk mengingatnya, bukan? Nah apabila Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan huruf ‘ba’ ini, Nun sukun atau Tanwin tersebut berubah bunyi menjadi ‘Mim’ disertai dengan dengung selama 2 harokat atau ketukan. Ingin tahu contoh-contoh bacaan yang memiliki hukum Tajwid Iqlab? Masuk saja ke bagian belajarnya….

Balon Kejutan (Ujian)
Ayo..buktikan bahwa adik-adik sudah menguasai tentang hukum Tajwid Ikhfa, Idghom, Idzhar dan Iqlab dengan permainan Balon kejutan ini ya? Dan dapatkan ketupat sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan dengan permainan pada game bonus. Selain itu, jika adik-adik dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar maka adik-adik akan dapat melanjutkan ke tingkat pembelajaran selanjutnya. Tunggu apalagi...?

Tingkat 5

Qolqolah
Menurut istilah Tajwid, Qolqolah berarti getaran suara yang terjadi ketika mengucapkan huruf yang sukun sehingga menimbulkan pemantulan yang kuat. Qolqolah terbagi dua yakni Qolqolah Sughro atau Qolqolah kecil dan Qolqolah Qubro atau Qolqolah Besar. Ingin tahu perbedaan kedua Qolqolah tersebut? Masuk saja pada bagian belajar ini ya?

Waqof
Tanda Waqof atau tanda berhenti dalam Al-Qur’an ada beberapa jenis. Tiap-tiap jenisnya melambangkan arti yang berbeda. Nah, ingin tahu lebih lanjut mengenai tanda waqof ini? Yuk, kita cari tahu bersama!

Tanda Baca Lainnya
Selain tanda baca yang telah kita pelajari sebelumnya. Ada juga lho tanda baca lainnya yang harus kita ketahui dan pelajari juga. Di bagian ini adik-adik juga dapat mengetahui cara membaca ayat-ayat istimewa yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Game Monyet Jahil (Ujian)
Setelah belajar mengenai Qolqolah, Waqof dan Tanda baca lainnya sebaiknya uji pemahaman adik-adik mengenai ketiga pengajaran tersebut di permainan Monyet Jahil ini dan dapatkan ketupat sebanyak-banyaknya dengan cara menjawab pertanyaan dengan benar. Ketupat yang adik-adik kumpulkan tersebut dapat ditukarkan dengan permainan pada game bonus. Silakan mencoba…!

Game Bonus

Game Petik Kelapa
Yuk, Bantu mengumpulkan kelapa! Caranya dengan mengklik pada setiap kelapa yang jatuh maka teman Syawal dan Fitri akan memungutnya dan memasukkannya ke dalam keranjang. Adik-adik harus mengumpulkan kelapa dengan jumlah yang telah ditentukan. Selain itu adik-adik juga harus memberikan pisang pada monyet pemanjat pohon kelapanya, jangan sampai monyet itu marah. Adik-adik juga harus cepat-cepat mengusir Gorila yang ingin mengambil pisang dan Tupai yang ingin mengambil kelapa yang jatuh.
Selamat mencoba…!

Game Pukul Buaya
Wah gawat! Ketika Syawal dan Fitri beserta teman-temannya sedang menyusuri sungai dengan perahu karet mereka, ternyata sungainya terdapat banyak buayanya. Ayo kita Bantu mereka memukul buaya-buaya jahat yang ingin menenggelamkan perahu mereka dengan cara mengklik pada buayanya. Ayo..!!

Game Bagi Pisang
Lihat! Sepertinya para monyet di hutan sedang kelaparan tuh. Mereka mengintai dan akan menyerang siapa saja yang lewat. Untuk itu adik-adik harus cekatan memberikan pisang kepada mereka. Caranya dengan mengklik pada setiap monyet yang muncul. Klik kanan pada mouse, jika adik-adik kehabisan persediaan pisangnya ya?

Game Burung Kecil
Di permainan ini, tugas adik-adik adalah mengendalikan si burung kecil yang sedang bertengger pada sebuah pelampung dengan menggunakan tombol panah pada keyboard untuk terbang dan mengumpulkan jagung. Adik-adik juga harus hati-hati terhadap benda-benda penghalangnya ya? Pasti seru…

Game Kancil dan Buaya
Para Kancil ingin menyeberang sungai. Bagaimana caranya? Untung ada buaya yang ingin membantu mereka. Namun buayanya sepertinya kurang pandai dan cekatan tuh. Bagaimana jika kita bantu mengendalikan buayanya ke kanan dan ke kiri dengan menggunakan tombol panah di keyboard. Eh..lihat!! kancilnya ingin menyeberang. Yuk cepat kita bantu! Sebelum dia jatuh ke dalam sungai.

Game Siluet
Di permainan ini adik-adik diminta untuk menemukan bayangan dari suatu objek. Adik-adik harus teliti ya? Jangan sampai membuat kesalahan hingga tiga kali. Nah, diklik saja pada bayangan yang menurut adik-adik benar.

Bonus Lagu
Sebagai hadiah setelah belajar mengaji, adik-adik dapat istirahat sambil mendengarkan lagu-lagu Islami. Ada 5 buah lagu yang tersedia yang dapat adik-adik pilih. Selamat mendengarkan…

Surat-surat Pendek
Sudah berapa banyak surat pendek yang sudah adik-adik hafalkan? Nah di sini adik-adik dapat menambahkan pembendaharaannya dengan 10 buah surat pendek yang terdapat dalam Al-Qur’an. Yuk, kita mulai menghafalkannya…!

Kisah Para Nabi
A adik-adik dapat mendengarkan kisah perjuangan para Nabi dalam menyebarkan agama Allah SWT kepada ummat manusia. Insya Allah kisah ini akan membuat adik-adik menjadi lebih bertakwa. Amin…
Harga : Rp.98.000,-

 
Ilman Media Group | Pusat CD Edukasi dan Tutorial | Hub: 0838 7282 0011